PPL dan Tim IPB Tinjau Kebun Lada Kampung Tanjung Bulan.

Kasui-RWK,- Petugas Penyuluh Lapangan ( PPL ) Bersama Tim dari IPB  meninjau kondisi kebun Lada ke lokasi milik Salbani di Kampung Tanjung Bulan Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan. (12/3)

Petugas Penyuluh Lapangan ( PPL ) Pertanian dari Kabupaten Way Kanan di dampingi oleh Tujuh orang rekan nya. Dan Tiga orang di antara nya dari IPB.

Surahman selaku Petugas Penyuluh Lapangan ( PPL ) mengatakan bahwa mereka mengupayakan bagaimana supaya Petani Lada tetap exsis dalam kondisi apa pun.

“Bahwa kami mengupayakan bagaimana supaya Petani Lada tetap exsis dalam kondisi apa pun, Baik itu di musim hujan ataupun musim kemarau panjang serta mendorong para Anggota KELOMPOK TANI MANDIRI yang ada di wilayah Kampung Tanjung Bulan Kecamatan Kasui  khusus nya Kebun Pak Salbani agar supaya menjadi percontohan.” Ujar Surahman.

Baca Juga  Terima Kasih, Sumur Bor Kami Sudah Berfungsi

Usdimansyah selaku ketua KELOMPOK  TANI  MANDIRI menyampaikan keluhan para Anggota Kelompoknya bahwa mengatasi hama kebun lada itu belum sempat panen Raya sudah mulai menguning atau rontok daun.

“Bahwa mengatasi hama kebun lada itu belum sempat panen Raya sudah mulai menguning atau rontok daun. Lemahnya petani Lada sekarang ini, pengurusan nya agak rumit dan harga  jauh menurun dari sebelumnya.” Terang Usdiman.

Baca Juga  Untuk Tingkatkan Pelayanan, Kampung Bengkulu Raman Optimalkan Jadwal Dinas Aparatur

” Sehingga para petani mayoritas beralih ke Palawija seperti singkong, Jagung dan Kacang Tanah,”Tambahnya.

Salah satu Tim dari IPB yang bernama ARIF berharap bahwa, beberapa Tahun kedepan harga Lada mulai naik.


“Karena berdasarkan penelitian dari IPB bahwa harga lada kedepan akan kembali melonjak naik”. Pungkas arif. .RWK-W/FJR

Next Post

Tingkatkan Ketaqwaan, Kodim 0427/WK Peringati Isra Mi’raj

Fri Mar 12 , 2021
Blambangan […]