Posyandu lansia kampung Sribasuki

Foto : Kampung Sri Basuki Mengadakan Psyandu Lansia (Lansia)

Negeri Besar RWK, – Posyandu tak hanya bertuga seputar kesehatan anak dan balita saja, akan tetapi juga seputar kesehatan orang lanjut usia (lansia). Salah satunya posyandu lansia kampung Sribasuki rutin melakukan kegiatan untuk para anggota lansianya. (4/4)

“Setiap bulan kita adakan pemeriksaan gratis, tensi, cek kalau kepala pening pusing gitu, terus pemeriksaan denyut jantung dan juga penyuluhan seputar kegiatan lansia,” tutur ketua kader posyandu lansia Muslikah (40) Saat detemui awak media Radar waykananDi balai kampung sribasuki.

Baca Juga  BPNT Negeri Agung Mulai Didistribusikan

Posyandu lansia di kampung Sribasuki berdiri sejak tahun 2000. Hingga kini pun ada sekitar 100 orang anggota posyandu usia 60-80 tahun yang berasal dari beberapa dusun. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis juga penyuluhan, diharapkan para lansia bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Muslikah, yang akrab disapa Mus ini menuturkan setiap bulan sekali, akan ada kegiatan di posyandu dari jam 08.00-12.00 .

“Kita adakan senam lansia seperti senam diabetes, lalu melakukan gerakan tangan membuka tutup lalu meremas, tujuannya agar tangan tidak kebas. Pinggang juga kita putar, kita geal-geolkan kan karena sering ya lansia ini ada pegal-pegal di pinggang, jadi dengan kita gerakkan pinggangnya bisa berkurang lah itu pegalnya,” lanjut wanita berjilbab tersebut.

Baca Juga  KPU Sosialisasi Tahapan Pilkada Kepada Pokdarwis Rebang Tangkas

Dalam kegiatan posyandu lansia yang mayoritas beranggotakan perempuan ini, ada kendala yakni para peserta enggan ke posyandu karena tidak ada orang yang mengantar. Sebagai antisipasi, Muslikah meminta bantuan kader-kader di setiap dusun untuk membawa para lansia. RWK-W/JS

Next Post

Hari Pertama PTM, Adipati Tinjau Beberapa Sekolah di 3 Kecamatan

Mon Apr 5 , 2021
Negeri […]