Peresmian KTN Kampung Datar Bancong

Kasui (RWK),– Polres Way Kanan meresmikan Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Datar Bancong, Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan dengan tetap menerapkan Prokes (Protokol Kesehatan), bertempatan di Balai Pustu (puskesmas pembantu) Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan. Rabu (24/3).

Kegiatan dipimpin oleh Waka Polres Way Kanan Kompol Evinater Siallagan, SH, MH didampingi oleh Kabagren Polres Way Kanan Kompol Ansori, Kapolsek Kasui AKP Abri Firdaus.

Hadir Dalam Acara tersebut Camat Kasui Ansori,S.Pd, Kepala Kampung Datar Bancong Ervina Dalimunte, Kapuskes Kasui Dr.Emma Eliana, Serda Jhoni mewakili Danramil Kasui, perwakilan beberapa Kepala Kampung dan Lurah Kecamatan Kasui, Tokoh agama, Tokoh adat, perwakilan Pemuda Kasui dan Muspika Kampung Kasui.

Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung melalui Waka Polres Way Kanan Kompol Lagan menyampaikan, tujuan adanya kegiatan Launching Kampung Tangguh Nusantara, tidak lain demi mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibmas yang Kondusif di wilayah Kabupaten Way Kanan.

Maka perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat dalam bersenigeritas antara TNI – POLRI bersama Masyarakat dalam menjaga dan melaksanakan Protokol Kesehatan dengan baik dengan mengingatkan satu sama lain untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Covid 19 dan penanggulangan bencana alam yang terjadi dikampung, kecamatan di Kabupaten Way Kanan;

Baca Juga  Way Kanan Umumkan hasil Seleksi CPNS

Wakapolres berharap dengan Launchingnya Kampung Tangguh Nusantara bisa lebih meningkatkan penanganan penyebaran Virus Corona, peningkatan sumber Ekonomi serta peningkatan swadaya pangan, sehingga bisa menjadi contoh bagi kampung kampung yang lain, tentu saja hal ini yang paling penting kedepan adalah action penanggulangan pandemi dari masyarakat semua yang hadir saat ini.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan Kampung Tangguh Nusantara ini di dalamnya ada empat pilar yang harus kita perkuat dalam menghadapinya antara lain pertama tangguh dalam penanganan virus covid 19, ini yang di kedepankan adalah Dinkes, tim gugus, mari kita dukung bersama, dengan cara menyiapkan rumah isolasi, apabila rumah isolasi sudah ada mari kita jaga, kemudian kita edukasikan kepada seluruh masyarakat pentingnya pola hidup sehat

Kedua, tangguh ekonomi yaitu bisa memanfaatkan hasil bumi, tingkatkan pendapatan masyarakat, lalu Ketiga tangguh dalam ketahanan pangan seperti dapat memanfaatkan home industri yang bisa dikelola untuk dapat dipromosikan

Selanjutnya, Keempat tangguh dalam penanggulangan bencana sehingga apabila ada bencana apa yang harus kita lakukan, terutama kita semua harus hadir saling tolong menolong, jangan sampai ada yang memanfaatkan situasi seperti melakukan penjarahan .

Baca Juga  Mengatas Namakan RAS Nomor WA Palsu Beredar Di Media Sosial

Tentu adanya Kampung Tangguh Nusantara Datar Bancong Kecamatan Kasui diharapkan kepada masyarakat bisa tertib dengan protokol kesehatan dan harus menerapkan gerakan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi) juga dapat menjadi pilot project untuk menyampaikan kepada masyarakat yang lain.

Seperti contoh apabila ada masyarakat yang meninggal Dunia dan hendak di makamkan secara prokes yang mana jenazah tersebut terpapar Covid -19, jangan sampai ada penolakan,” Pinta Wakapolres.

Usai peresmian Kampung Tangguh, Wakapolres beserta rombongan meninjau fasilitas pendukung Kampung tangguh seperti Rumah Isolasi, pengecekan lahan perkebunan sumber daya pangan, pengecekan Posko Kesehatan dan pengecekan Home industri. (RWK/Anta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kunjungan Kerja DANREM 043/GATAM di Makodim 0427/WK

Wed Mar 24 , 2021
Foto: […]