Pembinaan Kader Posyandu Kampung Kali Papan


        
    

Negeri Agung RWK– Kegiatan UPT Puskesmas Negeri Agung bersama Ibu Sekda, Ibu Ketua IBI ranting Way Kanan,Ibu Ka,UPT Puskesmas Negeri Agung, Ibu Bidan-bidan PKM Negeri Agung dan Ibu kader posyandu Kampung Kalipapan dalam rangka Kunjungan,Pembinaan dan Silaturahmi bersama Ibu kader posyandu yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Negeri Agung,Kecamatan Negeri Agung kabupaten Way Kanan.

Kader posyandu merupakan pilar utama penggerak pembangunan di dalam pemerintahan khususnya di bidang kesehatan, yang secara swadaya dilibatkan langsung oleh puskesmas dalam kegiatan pelayanan desa yang salah satunya adalah ketika adanya pemberian imunisasi pada balita usia 0-6 tahun.

Baca Juga  Rapat Akhir Pemutakhiran Data SDGs Kampung Rejo Sari

Kader tersebut terdiri dari beberapa anggota masyarakat yang dipilih oleh masyarakat setempat dimana orang yang di tunjuk memiliki pengetahuan, kemauan serta kemampuan untuk bekerja dengan sukarela menggerakan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan dan pembangunan partisipatif. seperti halnya di Kampung Kalipapan juga terdapat kelompok kader posyandu yang berasal dari dusun -dusun Kampung Kalipapan tersebut.

Pembinaan Kader Posyandu Bersama Petugas Kesehatan(Bidan Desa)
Kader Posyandu memiliki tugas dan jadwal rutin setiap bulannya yaitu melakukan pelayan kesehatan  di tiap kedusunan dengan jadwal yang berbeda-beda. “Adapun kegiatan rutin lainnya yang biasa di laksanakan seluruh kader posyandu adalah kegiatan pembinaan kader yang pada hari ini dilakukan di kantor Kampung Kalipapan dan di bimbing oleh Petugas Kesehatan (Bidan Desa).”jelasnya

Baca Juga  Kampung Bengkulu Jaya Siap Menjadi Sentra Pengolahan Jagung

Dalam setiap pembinaan kader posyandu, Bidan desa berperan penting dalam memberikan  pengarahan tentang kesehatan yang harus dilakukan pada saat melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

“Selain memberikan instruksi Petugas Kesehatan tersebut juga merupakan sumber utama penerima informasi terkait dengan adanya pemberian Imunisasi atau pengobatan untuk masyarakat.”pungkasnya Bidan Desa.RWk/Said

Next Post

Pembangunan PAMSIMAS Kampung Banjar Sakti Diduga Asal Jadi

Fri Jan 8 , 2021
Gunung […]