Pelatihan dan Pembentukan KUB oleh (UMKM) KKN Unila.

Banjit (RWK)- KKN mandiri putra daerah universitas Lampung,mengadakan program pelatihan dan pembentukan kelompok usaha bersama (UMKM) menuju keluarga sejahtera, kegiatan tersebut bertempat di kantor Kampung Bali sadar Utara Sabtu 06/03/2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Subian Saidi, S.Si,MSi dosen fakultas MIPA Unila, kepala Kampung Bali sadar Utara i Ketut Renu Astika, sekretaris kampung i Komang Suberata ST, Kasi, kaur, kadus dan ketua TP PKK kampung nyonya Ni Nengah Patra A. Ningsih beserta anggota dan mahasiswa KKN Unila.

Baca Juga  Positif Covid-19 Di Way Kanan Tambah 7 Orang

Subian Saidi S.Si,M.Si dosen fakultas MIPA sebagai pemateri dan pelatihan menyampaikan. Mahasiswa KKN yang berasal dari berbagai jurusan di Kampung Bali sadar Utara mengadakan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan dan cuci piring. Selain menghemat pengeluaran ibu rumah tangga, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membentuk ekonomi kreatif masyarakat Kampung khususnya Bali sadar Utara dengan membuat sabun cuci tangan dan cuci piring untuk dijual sebagai usaha rumahan.

Adapun bahan-bahan yang digunakan.

  1. Texapon 300 gram sebagai bahan dasar pembuatan sabun berfungsi menghasilkan busa.
    2.SLS sodium Laurate sulfat 150 gram berfungsi sebagai pembersih
    3.NaC1 natrium clorida 250 gram berfungsi sebagai pengental
  2. Pewangi lemon 30ml sebagai pengharum
  3. Pewarna secukupnya untuk menghasilkan warna
  4. Foam booster berfungsi untuk penambah busa agar busa berlimpah
  5. Air bersih 5 l
  6. Ember
  7. Pengaduk
Baca Juga  Lagi Satresnarkoba Ringkus Diduga Pengedar Dalam Operasi Antik Krakatau 2021

Dengan adanya pelatihan ini Pokja (program kerja) adik-adik KKN Unila dapat bermanfaat bahkan sebagai tambahan atau pemasukan buat ibu-ibu rumah tangga apalagi di situasi pandemi covid 19.RWK-W/HABIBI A.P

Next Post

Polsek Buay Bahuga Resmikan Kampung Tangguh Mulyo Harjo

Sat Mar 6 , 2021
Bumi […]