Kurang Perhatian, Sampah Merebak Di Kampung Sidoarjo

Umpu Semenguk RWK – Di tengah Covid-19, Pemerintah gencar menghimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mulai dari bersih diri, hingga lingkungan.

Namun pemandangan berbanding terbalik atau seperti luput dari perhatian pihak terkait seperti pengawasan dan kesadaran pemerintah Kampung dalam memberikan himbauan kepada masyarakat seolah tak peduli akan kebersihan.

Berdasarkan pantauan Radar Way Kanan di Jalan Kampung Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan,terlihat tumpukan sampah, seakan luput dari perhatian pihak terkait dalam hal ini pemerintah Kampung dan dinas kebersihan.

Salah satu pengguna jalan yang tidak ingin disebut namanya mengatakan, kalau lewat tepatnya disini sampah numpuk kalau pas hujan bau sangat mengangu sekali.

Baca Juga  Panen Kopi Serentak harga Malah Turun

“Kalau keadaan seperti ini terus dibiarkan, lama kelamaan tempat ini akan menjadi tempat pembuangan sampah, dan tidak menutup kemungkinan sampah lama kelamaan semakin menumpuk”ucapnya. Selasa (23/02).

Lebih Lanjut dirinya sangat menyayangkan  adanya tumpukan sampah itu, yang sangat menggangu, khususnya pengguna jalan yang melintas. Apalagi ini sudah berlangsung lama.

Menurutnya, saat ini pemerintah pusat dan daerah gencar- gencarnya mensosialisasikan bahaya Covid-19 dan menjaga kebersihan.

Tapi kondisi demikian luput perhatian. Ini bisa sumber penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh tumpukan sampah yang tepat berada di pinggir jalan, termasuk banyak dilalui kendaraan setiap harinya.

“kita kan dituntut untuk menjaga kebersihan tapi di Kampung ini malah banyak sekali sampah yang menumpuk, saya heran apakah tidak ada pengawasan atau himbauan dari pihak kampung”tambahnya.

Baca Juga  KPU :Jika Tidak Masuk DPT Bawa KTP

Ia berharap ada tindakan nyata dari Pemerintah setempat untuk menanganni masalah sampah ini.

Ia juga mengharapkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi saat ini lagi sedang gencarnya soal Covid-19,sangat mungkin tumpukan sampah itu bakal menjadi sumber penyakit baru.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dwi Handoyo Retno,
S.E., M.M mengatakan pihak kampung seharusnya punya peran dalam menjaga kebersihan.
“Coba konfirmasi kakamnya, harusnya ada peran serta kampung dan masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya”tegas Dwi.

Sementara itu, Kepala Kampung Sidoarjo Daldiri telah beberapa kali ditemui di Kantor Kampung namun tidak ada. (RWK-Kadarsyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Diduga Oknum Kepala Kampung Langgar UU No. 24/2009

Tue Feb 23 , 2021
Umpu […]