Khasiat Daun Binahong Obat Herbal Ajaib.

Gunung Labuhan(RWK)-Bapak Adi warga Kampung kayu Batu membudidayakan daun binahong sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit.

Tanaman binahong mudah tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias ataupun obat herbal baik di dalam pot, halaman, pekarangan maupun kebun. Tanaman herbal ini suka tumbuh pada tanah humus yang tebal, berpasir ringan, tanah liat yang sedang, toleran terhadap kekeringan serta tumbuh baik pada kondisi setengah teduh ataupun teduh.

“Bapak Adi mengatakan,Binahong sangat berguna dalam kehidupan kita, salah satu manfaatnya adalah pada kandungan di dalam daun binahong. Daun binahong sendiri termasuk dalam daun tunggal, memiliki tangkai yang pendek, berbentuk jantung serta memiliki permukaan licin. Kandungan dalam daun binahong adalah flavonoid, alkaloid, tanin, steroid, triterpenoid, saponin, dan minyak atsiri”, ungkapnya.

Baca Juga  Kampung Tanjung Raja Sakti Beri Penyuluhan Resiko Covid Pada Anak

Efek dan manfaat daun binahong antara lain menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, mengurangi kolesterol, menurunkan efek tekanan darah, mengatasi gagal ginjal, asam urat serta menyembuhkan luka.

Penggunaan daun binahong secara tradisional dapat dilakukan dengan merebus tanaman tersebut kemudian air rebusannya dapat diminum langsung. Ada juga beberapa orang yang memakan daunnya beberapa helai secara langsung, ataupun menumbuk daun binahong dan ditempelkan pada bagian yang sakit atau membasuh luka dengan air rebusan daun binahong,tuturnya.

Baca Juga  Giat kelompok wanita tani Kampung Bali sadar tengah (KWT)

Penggunaan daun binahong dapat dipermudah dengan membuatnya dalam bentuk sediaan seperti salep, krim dan gel. Sediaan salep memiliki beberapa kelebihan, seperti melindungi permukaan kulit dari kontak langsung dengan rangsang kulit, stabil dalam penggunaan dan penyimpanan, mudah dipakai, mudah terdistribusi merata dan sebagai efek antiinflamasi yang dapat menyejukkan.
Oleh karena itu, daun binahong memiliki berbagai manfatat dan dapat digunakan dalam berbagai bentuk sediaan, khususnya salep karena memiliki banyak kelebihan. Terlebih lagi, daun binahong dapat dengan mudah digunakan dan ditemukan menyebabkan daun binahong dapat dijadikan pilihan utama dalam penggunaan obat tradisional,tutupnya.RWK/HABIBI A.P

Next Post

Harga Cabai Lampura Naik

Sun Nov 8 , 2020
Lampung […]