KETUA MPC PP WAY KANAN MENJADI PEMBINA PERGURUAN PENCAK SILAT TTKKDH GUNUNG LABUHAN

Gunung Labuhan(RWK)- Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Way Kanan, Herman SH, menghadiri acara pembukaan Perguruan Pencak Silat TTKKDH, di Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan, Kamis Malam (12/11/2020).

Selain Ketua PP Way Kanan, acara adat istiadat suku Sunda ini juga dihadiri Pj. Kepala Kampung Bengkulu, Junadi SE, serta Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Acara keceran TTKKDH ini merupakan Tradisi dan Adat Budaya yang ada di Indonesia, bahkan telah di akui di kancah dunia.

Tradisi Keceran TTKKDH sendiri mayoritas beranggota dari Suku Sunda yang diadakan satu tahun sekali dikediaman Bapak Kanil Pimpinan Pencak Silat TTKKDH di Kampung Bengkulu.

Yang mana ritual Keceran tersebut membersihkan pandangan Mata dan mempertajam penglihatan bagi murid yang bergabung di Pencak Silat TTKKDH. Dan bagi suku Sunda dipercaya bisa mengobati penglihatan dengan cara meneteskan air bening yang disertai Senjata Pusaka berupa Belati yang sangat tajam dan di balut dengan daun sirih, oleh Bapak Kanil selaku Pimpinan Perguruan Pencak Silat TTKKDH Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan.

Baca Juga  Siap-Siap!! Vaksinasi Menyasar Kemasyarakat

Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan Gendang Pencak dari Perguruan Silat TTKKDH/Macan Putih Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan, yang di Ketuai Bapak Kanil dari kampung Bengkulu.

Pertunjukan adat istiadat suku Sunda ini berjalan lancar dan sangat menghibur para tamu undangan dan penonton yang hadir.

Ketua PP Way Kanan sangat mendukung adanya Perguruan Silat TTKKDH yang ada di Kecamatan Gunung Labuhan.

“Saya mendukung penuh kegiatan ini. Harapannya Perguruan Silat TTKKDH bisa lebih mempererat tali silaturahmi antar Suku, Budaya dan Agama yang ada di Kecamatan Gunung Labuhan Way Kanan,” ujar Herman, yang telah dinobatkan sebagai Pembina Perguruan Pencak Silat TTKKDH.

Baca Juga  Polres Way Kanan Gelar Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Sebagai Tracer dan Vaksinator Covid - 19

Sementara itu, Pimpinan Pencak Silat TTKKDH Kampung Bengkulu Kanil mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan Ketua PP Way Kanan, untuk memajukan dan melestarikan Perguruan TTKKDH di Way Kanan.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait dan masyarakat Gunung Labuhan yang berkenan hadir dalam pagelaran tahunan ini.

“Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kami karena Bapak Herman SH berkenan menjadi Pembina di Perguruan TTKKDH di bawah naungan Pemuda Pancasila yang di pimpinnya. Harapan kami Perguruan Pencak Silat ini bisa lebih maju dibawah naungan Pemuda Pancasila Kabupaten Waykanan,” ungkapnya.

RWK/HABIBI A.P

Next Post

Panwascam Gunung Labuhan Umumkan Pengawas TPS

Fri Nov 13 , 2020
Gunung […]