KPB, Identitas Petani untuk Akses Pupuk dan Bantuan Pemerintah


        
    

Blambangan Umpu(RWK) – Kabupaten Way Kanan adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung yang sudah menjalankan program Kartu Petani Berjaya. Program ini adalah Program Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi untuk para petani yang ada.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Way Kanan Rofiki, S.T.P., M.M., mewakili Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Way Kanan Ir. Maulana Muhidan, M.M. menjelaskan KPB sudah mulai berjalan di Kabupaten Way Kanan. “Kemarin kami sudah uji coba dengan satu buah kelompok pertanian, dan Alhamdulillah lancar sampai penebusan pupuk,” jelasnya.

Baca Juga  KAMPUNG BUMIREJO BAGIKAN BLT TAHAP III

“Ada 2591 anggota tani yang tergabung dalam 107 kelompok tani. Tapi memang kemarin kami masih uji coba dengan satu kelompok tani terlebih dahulu,” lanjut Rofiki.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Way Kanan ini juga mengatakan bahwa saat ini memang masih ada kendala di Aplikasi KPB tersebut, tapi hal itu akan segera diatasi oleh pihak pengembang Aplikasinya.

“Kendala yang ada sekarang terdapat di sistem aplikasi KPB tersebut. Tapi pihak pengembang segera memaintenancenya atau memperbaiki masalah tersebut,” paparnya.

Baca Juga  KPU Sosialisasi Tahapan Pilkada Kepada Pokdarwis Rebang Tangkas

Masih kata Rofiki, “KPB ini intinya untuk mempermudah para petani yang ada. Walaupun sementara ini hanya bisa digunakan untuk menebus pupuk padi, nantinya akan ada lebih banyak lagi pupuk serta sarana yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Kartu Petani Berjaya,”.

“Untuk para petani yang telah menebus pupuk melalui aplikasi tersebut, tentunya tidak bisa diganggu gugat lagi. Dan itu sudah hak milik petani tersebut. Jadi memang lebih teratur dan jelas lagi penyebaran pupuk tersebut,” tutupnya. (RWK/AT)

Next Post

SMAN 1 Gunung Labuhan Siapkan Strategi Pendidikan Siswa Masuk PTN

Wed Jan 20 , 2021
Gunung […]