Kampung Gedung Jaya Negara Batin Giatkan Posyandu


        
    

Negara Batin (RWK)– kegiatan posyandu balita di wilayah kerja UPT Puskesmas kampung Gedung jaya Kecamatan negara Batin Kabupaten way kanan (09/01).

Posyandu balita adalah salah satu bentuk fasilitas kesehatan yang diutamakan untuk ibu dan anak, khususnya balita. Fasilitas ini umumnya tersedia di setiap kampung/desa, kelurahan atau RW dan dalam wilayah kerja suatu Puskesmas.

Posyandu ada untuk menurunkan angka kematian ibu, bayi maupun balita melalui upaya pemberdayaan masyarakat. Posyandu ini juga menjadi salah satu upaya pencegahan stunting, pengelola posyandu atau kader umumnya dipilih oleh masyarakat melalui musyawarah. Kader ini terdiri dari 7 orang dan kader-kader tersebut harus memiliki motivasi untuk mengabdi pada masyarakat. Untuk pengetahuan seputar medis petugas Puskesmas juga dapat membantu para kader posyandu.

Baca Juga  Personil Gabungan TNI dan Polri melakukan Pengamanan di Gereja Baradatu.

Posyandu pada umumnya memiliki jenis-jenis kegiatan sebagai berikut, kegiatan kesehatan untuk ibu dan anak (KIA), kegiatan untuk keluarga berencana (KB) kegiatan untuk imunisasi, kegiatan untuk pemantauan gizi, serta kegiatan pencegahan untuk penanggulangan diare.

Data balita yang aktip dalam kegiatan posyandu di kampung Gedung jaya berjumlah 69 Balita, untuk ibu-ibu hamil
untuk Balita di berikan PMT

Baca Juga  Giliran Dinkes Divaksin Di Puskes Blambangan Umpu Hari Ini

Posyandu dapat menjadi pilihan faskes yang dekat dan ramah bagi masyarakat, terutama untuk ibu hamil, ibu menyusui dan balita. Dengan adanya posyandu balita kesehatan keluarga diharapkan dapat menjadi lebih baik, khususnya untuk memperbaiki gizi dan mencegah stunting (kerdil) pada balita dan anak-anak hal ini yang di sampaikan Bidan desa ibu Ririn AMd keb.RWK/ DALTON

Next Post

Jalan Rusak, Pemotor Sering Jatuh Tergelincir

Sat Jan 9 , 2021
Negara […]