Harga Lada Diperkirakan Terus Stabil.

Way Kanan (RWK), – Lada hitam merupakan rempah asli Indonesia yang sudah terkenal hingga penjuru dunia sejak berabad-abad, Di Indonesia sendiri, keberadaan lada dimanfaatkan sebagai penyedap makanan yang memiliki rasa pedas dan bersifat menghangatkan tubuh, Kamis (8/04).

Lada hitam merupakan salah satu rempah yang paling tua dan populer di dunia, Pada masa prasejarah, lada hitam di budayakan secara Iuas di berbagai daerah provinsi di indonesia.

Mengenai lada tersebut, Menurut Investigasi Radar Way Kanan, Harga lada hitam biji di Kabuapten Way Kanan saat ini masih di kisaran Rp42,000 an per kilogram dan belum mengalami kenaikan signifikan sejak 1 tahun terakhir.

“Harga lada biji di tingkat petani belum ada kenaikan yang signifikan karena saat ini baru mencapai kisaran Rp.42.000 hingga Rp45.000-an per kilogram,” ujar bambang satu di antara petani lada di Kabupaten Way Kanan.

Baca Juga  Penyampaian Visi Dan Misi Calon Kakam Negeri Jaya Kecamatan Negeri Besar

Dia menjelaskan dengan harga yang ada saat ini meski belum sesuai harapan petani namun harga sudah tembus Rp42.000 per kilogram.

“Beberapa waktu lalu sa’at panen bahkan sempat turun harga hanya di Rp35.000. Harga tersebut tentu membuat rugi dan petani tidak semangat,, Tapi alhamdulilah sekarang sudah stabil lagi,”jelasnya.

Dia juga berharap di tahun ini harga lada pulih, paling tidak menurutnya harga tembus Rp80.000 hingga Rp100.000 per kilogram.

“Kalau harga Rp80.000- Rp100.000 per kilogram tentu ini menjadi harapan petani lada, Biaya produksi akan bisa terlewati,” Harap Bambang.

Baca Juga  Selamat Atas Dilantiknya Hendra, S.Sos Sebagai Anggota KPID

Hal senada juga disampaikan Heru petani lada dikecamatan Negeri Agung Menjelaskan bahwa kondisi harga lada yang belum membaik dapat mempengaruhi minat petani untuk bertani lada diperparah lagi kondisi harga yang belum ada peningkatan yang signifikan beberapa 1 atau 2 tahun ini.

“Saat ini harga lada begitu-gitu saja padahal sa’at ini kebun lada sebagian sedang menguning, saya berharap lada ditahun ini harganya bisa lebih baik, Sehingga menjadi andalan masyarakat sebagai sumber pendapatan petani,”Ungkapnya.

Sebagai catatan Harga lada yang belum cukup membaik banyak dikeluhkan petani lada, sebab harga lada 3/4 tahun yang lalu sempat mencapai Rp150.000 per kilogram dan kini dalam 2 tahun terakhir hanya di harga Rp40.000 – Rp50.000/Kg.(RWK-w/AWAL).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jiwa Sosial, Kepala Kampung Banjar Ratu Antar Warganya Ke Rumah Sakit

Thu Apr 8 , 2021
Gunung […]