Dua Kampung Di Way Kanan Terancam Tidak Bisa Melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung

Blambangan Umpu(RWK), – Pemerintah Kabupaten Way Kanan, mengadakan Rapat Koordinasi Pembahasan Pemilihan Kepala Kampung di Wilayah Kabupaten Way Kanan Tahun 2021, Senin (12/4).

Rapat yang bertempat di Ruang Rapar Sekda tersebut, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kabupaten Way Kanan H. Saipul, S.Sos., M.I.P., dan dihadiri oleh tamu undangan yang telah ditentukan.

Sekda Saipul mengungkapkan, bahwa Rapat diadakan untuk membahas hasil tes dan kelanjutan Pemilihan Kampung serentak di Kabupaten Way Kanan. “Sabtu kemarin calon – calon Kepala Kampung telah melakukan tes Narkoba dan hasilnya sudah keluar. Hari ini dilakukan tes tertulis namun hasilnya belum keluar,” jelasnya.

“Dari hasil tes Narkoba Sabtu (10/4) kemarin, ditemukan ada 3 bakal calon Kepala Kampung yang diduga mendapatkan hasil positif dari tes tersebut. Calon – calon tersebut berasal dari Kampung Banjar Mulya Kecamatan Baradatu, Kampung Gunung Katun Kecamatan Baradatu, dan Kampung Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu,” lanjut Sekda.

Baca Juga  Panitia Pilkakam Negeri Sungkai Menunggu Partisipasi Masyarakat Untuk Mencalonkan Diri

Saipul kemudian mengatakan bahwa kemudian ada 2 Kampung yang akhirnya tidak memenuhi Kuota agar bisa melaksanakan Pemilihan Kampung. Kampung itu adalah Banjar Mulya Kecamatan Baradatu, dan Kampung Gunung Katun Kecamatan Baradatu.

“Karena bakal calon dari 2 (dua) Kampung tersebut hanya masing – masing 2 (dua) orang, lalu masing – masing satu orang gugur saat melakukan tes Narkoba. Maka sudah dapat dipastikan bahwa kedua Kampung tersebut tidak memenuhi Kuota agar dapat melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung,” terangnya.

Suasana Rakor Pembahasan Pilkam Th. 2021 di Ruang Rapat Sekda

Masih dari Sekda, apabila ada suatu Kampung yang tidak memenuhi Kuota Calon Kepala Kampung, maka akan diberikan tambahan waktu selama 20 hari untuk melakukan penyaringan lagi. Mulai dari tanggal 14 April sampai dengan tanggal 3 Mei yang akan mendatang. Dan kalau sampai lewat dari 20 hari tidak ada calon tambahan atau masih tetap tidak memenuhi Kuota Calon Kepala Kampung, maka Kampung tersebut tidak bisa melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung dan akan diteruskan dengan Pejabat yang telah ditentukan hingga sampai Pemilihan Kepala Kampung yang berikutnya.

Baca Juga  Tanjung Sari 4 Calon Kakam Siap memenangkan Hati Warga

Sebelum menutup Rapat, Saipul meminta pada hari Rabu (14/4) mendatang, Panitia Pilkam antar Kampung sudah menetapkan calon mana yang sudah memenuhi syarat dan bisa mengikuti Pemilihan Kepala Kampung.

“Selain penentuan calon, pada tanggal 14 nanti akan dilaksanakan pengundian nomor dari masing – masing calon. Oleh karena itu, masing – masing Kecamatan untuk memerintahkan 1 (satu) orang Kecamatan di setiap Kampung untuk menjadi saksi dalam pengundian nomor tersebut,” tutup Sekda. (RWK/AT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tiga Balon Kakam Diduga Positif Saat Melakukan Tes Narkoba

Mon Apr 12 , 2021
Blambangan […]