Batik dan Tapis Menjadi Sektor Unggulan UMKM Way Kanan

Blambangan Umpu (RWK), – Batik dan Kain Tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung dalam menyelaraskan kehidupan, munculnya kain tapis ini ditempuh melalui tahapan -tahapan waktu yang mengarah kepada kesempurnaan teknik tenun, maupun cara-cara memberikan ragam hias yang sesuai dengan perkembangan kebudayaan masyarakat.

Batik dan Kain Tapis ini terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sudi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam, dengan Menggunakan Bahan kain sanwos atau tenun, benang katun dan benang emas atau perak, pembidang.

Oleh sebab itu, Batik dan Kain Tapis dikenal sebagai ciri has Lampung sebab dahulu hingga dengan sekarang adalah salah satu sarana pakaian pria dan wanita ciri has daerah Lampung.

Baca Juga  Awaludin Pimpin Kegiatan Pembinaan Kelompok Tani Tiuh Balak II

Dalam Hal ini Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M Menyampaikan Bahwa Batik dan Tapis dari Kabupaten Way Kanan telah ikut serta pada pameran UMKM yang digelar oleh partai Demokrat di Jakarta, Kamis (01/04).

Dikutif dari account media sosial Facebook Bupati Adipati menyampaikan rasa syukur karena batik dan tapis asal way kanan dapat meramaikan pameran UMKM yang digelar partai Demokrat, Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan hasil UMKM Way Kanan.

” Alhamdulilah Semoga kedepan UMKM di Way Kanan semakin maju dan diminati oleh masyarakat,”Ucap Syukur Adipati Melalu Account Media sosialnya.

Terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan, Drs. H. Achmad Gantha, L’Ng., M.M Selaku Juru Penerangan Kabupaten Way Kanan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk promosi dari sektor UMKM yang ada di kabupaten Way Kanan agar UMKM asal way kanan dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat memajukan Kabupaten Way Kanan dan Mewujudkan Way Kanan yang Unggul dan Sejahtera

Baca Juga  Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat PT.PLN Berupaya Tiadakan Pemadaman

“Banyak UMKM yang ada di Kabupaten Way Kanan yang menjadi potensi yang baik seperti batik, tapis, kopi, serta kerajinan tangan lainnya, yang juga dapat menunjang dari sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi, dengan adanya promosi semacam ini diharapkan banyak UMKM yang ada di kabupaten dapat dikenal oleh masyarakat secara Nasional,”Jelasnya.(RWK-W/AWAL).

Next Post

Suami Istri Ikut Kontestasi Banjar Baru, Ini Rekap 11 Kampung Peserta Pilkam Kecamatan Baradatu

Thu Apr 1 , 2021
Baradatu […]