Baharu Zaman, S.H : Mengubah Pola Pilkakam Demi Protokol Kesehatan

Blambangan Umpu (RWK),-Saat pandemi covid-19 Kabupaten Way Kanan akan tetap menggelar pemilihan kepala kampung (pilkakam). Penyelenggaraan pilkakam pun harus tetap menaati protokol kesehatan (prokes).

Baharuzaman SH, Pemerhati sosial setempat mengingat kan Panitia penyelenggara harus betul-betul siap, mulai dari jadwal pencoblosan harus diatur, tempat mencuci tangan harus disiapkan, pemilih harus menggunakan masker yang disiapkan panitia di TPS, juga harus menjaga jarak.

Foto : Baharu Zaman, S.H

“yang paling utama harus dipersiapkan adalah mensiasati bagaimana tidak adanya kerumunan warga atau pemilih, sehingga jadwal pencoblosan itu harus dirancang supaya tidak secara bersama-sama yang memilih datang ke TPS serta Jadwal pencoblosan untuk pemilih ini harus diatur, jadi yang datang berapa dulu kemudian di jam berikutnya berapa, ini supaya tidak ada kerumunan di TPS.” tegas Baharuzaman

Baca Juga  Musim Panen Tiba Petani Bahagia

lebih lanjut, Baharuzaman menyarankan penghitungan surat suara tidak dilakukan di setiap TPS. Hal ini untuk menghindari kerumunan masyarakat dan menghindari adanya disindikasi artinya kepala kampung terpilih tidak memetakan wilayah masanya di saat masa kepemimpinannya nanti.

“Sekarang banyak yang berpikir karena bukan wilayah pemenangnya waktu calon dia (kakam terpilih,red) tidak mau membangun di tempat tersebut hal begini yang mesti kita hindari kedepannya, makanya saya sarankan semua surat suara dari TPS dicampur jadi satu baru dihitung,

Baca Juga  KPB, Identitas Petani untuk Akses Pupuk dan Bantuan Pemerintah

Ia menambahkan saat pandemi seperti sekarang ini tentu anggaran akan semakin banyak dikeluarkan, karena pertama TPS tentu akan semakin banyak personil pun tentu bertambah dari yang sebelum pandemi.pungkasnya. (RWK-W/Alba)

Next Post

Ditutup, Curup Patah Bersaing 6 Balon Kakam

Thu Apr 1 , 2021
Gunung […]