Masjid Adalah Tempat Sosial

  • Whatsapp

        
    

Gunung Labuhan (RWK)– Guna memantapkan visi dan misi serta tujuan,
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Gunung Labuhan menggelar rapat perdana. Senin Malam (7/12).

Rapat perdana yang digelar di kediaman Gunaryo, selaku wakil ketua DMI Gunung Labuhan tersebut dihadiri oleh Camat Gunung Labuhan Radiyus Oktorisa, S.STP, Kepala KUA Gunung Labuhan H. Drs Darlin, pucuk pimpinan DMI Gunung Labuhan serta Koordinator Penyuluh Agama Islam Gunung Labuhan.

Ketua DMI Gunung Labuhan Syaifudin, S.Pd.I mengatakan bahwa rapat koordinasi itu bertujuan untuk memantapkan visi, misi dan tujuan DMI kecamatan Gunung Labuhan.

“Dengan membawa Motto Memakmurkan masjid dan Dimakmurkan masjid insya Allah kami akan segera membentuk ranting-ranting DMI di setiap masing-masing kampung di Kecamatan Gunung Labuhan,” Kata Syaifudin.

Lanjut Syaifudin, dirinya berharap serta memohon dukungan dari Instansi terkait, baik dari pihak kecamatan, ataupun dari Kantor Urusan Agama yang bertindak selaku pembina DMI Gunung Labuhan.

Baca Juga  Pelatihan Kelompok Wanita Tani Kampung Rantau Jaya

“Dengan suport serta kolaborasi kita bersama, semoga DMI Gunung Labuhan dapat berperan aktif di segala lini terutama dimasalah keagamaan,” Jelas Syaifudin.

Selaku Pembina DMI Gunung Labuhan H. Darlin menyampaikan harapannya bahwa DMI dapat mewarnai serta berkontribusi terhadap kemakmuran masjid.

“Dengan harapannya, Masjid bukan saja hanya tempat ibadah, melainkan masjid juga dapat menjadi pusat ataupun aktivitas serta sarana bagi masyarakat.


Sesuai apa yang menjadi motto DMI ini yakni Memakmurkan masjid,
semoga dengan mengaktifkan masjid tersebut, dapat menjadi sebuah pusat ekonomi yang produktif.
menjadi pusat budaya, dan pusat sosial keagamaan lainnya,” Tutur Darlin.

Masih kata Darlin bahwa makmurnya masjid itu tolak ukur pertamanya yaitu peningkatan jumlah jamaah sholat di masjid itu sendiri.

“Dengan harapan melalui DMI ini dapat menggencarkan itu,dengan melakukan pelatihan Khotib supaya khotib yang menyampaikan khutbah di masjid nantinya berkualitas serta berkompeten,” Katanya.

Baca Juga  PKK Kampung Banjar Ratu Mengajak Ibu-Ibu Tanam Sayuran

Radiyus Oktorisa, S.STP, selaku Camat Gunung Labuhan menambahkan bahwa pihaknya mendukung apa saja yg menjadi program DMI itu sendiri.

“Kami mendukung apa yang dicanangkan oleh DMI, selain itu harapannya cepat terbentuk apa yang menjadi visi dan misi DMI harus cepat terbentuk serta terprogram dengan baik,” Ungkapnya.

Tidak kalah pentingnya Khaeirul Huda Abm, M.Pd selaku Koordinator Penyuluh Agama Islam kecamatan Gunung Labuhan mengatakan, selaku Penyuluh Agama Islam pihaknya siap untuk berkolaborasi serta bersinergi dengan DMI,
karena Penyuluh Agama Islam juga merupakan bagian dari kepengurusan DMI itu sendiri.

“Penyuluh Agama Islam siap digait untuk melaksanakan apa yang menjadi program dari DMI itu sendiri, baik program jangka pendek ataupun prorgam jangka panjangnya, seperti untuk membimbing Da’i dan Daiyah di kecamatan Gunung Labuhan, kamipun siap untuk melaksanakan pelatihan para khotib di Gunung Labuhan,” Ucapnya.
RWK/OAF

Related posts