BAWASLU adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipasif

  • Whatsapp

Blambangan Umpu (RWK)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Way Kanan adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Pemilih Pemula Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Way Kanan Tahun 2020, Kamis (12/11).

Adapun kegiatan tersebut berlangsung secara Virtual menggunakan Zoom Meeting sejak Pukul 10:00 WIB hingga Selesai.

Peserta Sosialisasi yang terundang dalam kegiatan tersebut berasal dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di beberapa Kecamatan Wilayah Kabupaten Way Kanan, ditambah juga para peserta yang sudah memiliki hak pilih.

Ketua Bawaslu Way Kanan, Yesi Karnainsyah, S.Sos, Mengatakan bahwa kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan tujuannya untuk melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula yang ada di Kabupaten Way Kanan dalam memberikan pemahaman yang intensif kepada mereka.

Baca Juga  Calon Jemaah Haji Way Kanan 2021 Lakukan Vaksin

“Melalui Zoom Meeting tentang pengawasan, Bawaslu Way Kanan mengajak pemilih pemula untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pada pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Way Kanan, pada 9 Desember 2020 mendatang,” Kata Yesi saat dikonfirmasi melalui Via WhatsAppnya, Kamis (12/11)

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menyampaikan tugas dan wewenang Bawaslu, terkait teknis pelaporan, baik itu berupa pelanggaran ataupun tahapan dalam Pilkada mendatang.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Way Kanan Bagi-Bagi Masker

“Wewenang Bawaslu yaitu menyampaikan tata cara, melaporkan temuan ataupun dugaan terhadap pelanggaran pemilihan, tahapan-tahapan pemilihan, jenis-jenis kampanye, bahan-bahan kampanye yang boleh dibagikan pada saat kampanye, termasuk jenis-jenis pelanggaran pada pemilu maupun pilkada terutama di masa covid+19 sekarang ini,” Jelas Yesi. Kamis (12/11).

Dirinya berharap pasca digelar kegiatan itu, para peserta sosialisasi dapat memahami peran, tugas serta fungsi dari Bawaslu.

“Harapannya peserta sosialisasi memahami mengenai peran Bawaslu sebagai pengawas sehingga seluruh tahapan penyelenggaraan nantinya dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” Tutup Yesi, Kamis (12/11).
RWK/Oksi.

Related posts