Mekar Asri Baradatu Tingkatkan Kapasitas Pendamping Desa

  • Whatsapp

Baradatu (RWK)- Rapat koordinasi dan peningkatan kapasitas pendamping desa di Kecamatan. Bertempat di Balai kampung Mekar Asri Kecamatan Baradatu.

Rapat Koordinasi peningkatan P3MD Kabupaten Waykanan yang dihadiri dari 3 Kecamatan, Baradatu, gunung Labuhan, dan Banjit dan dibuka oleh tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa Kabupaten way kanan bapak Hairul Pasya ST dan koordinator pendamping desa Kecamatan Baradatu Bapak Arifin spdi.

Kegiatan yang sedianya dilakukan sebulan sekali ini, terutama membahas evaluasi dan strategi pendampingan terhadap proses pembangunan di desa oleh para pendamping desa dari tataran Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PDP/PDTI) serta Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM).

Adapun agenda yang menjadi prioritas dalam Rapat Koordinasi kali ini adalah, pemenuhan kebutuhan data terkait pelaksanaan pembangunan desa terkhusus pengelolaan Dana Desa, data yang terkait pemenuhan tersebut adalah data pengelolaan BLT-DD, Data BUMDes, Data Sarana dan Prasarana serta Fungsi Pengelolaan Pemerintahan Desa.

Baca Juga  Kreatif, Pengrajin Bambu Asal Kampung Setia Negara Hasilkan Aneka Kreasi

Tugas pokok dan fungsi TPP-P3MD pada semua tataran adalah sebagai ujung tombak pendampingan proses pembangunan bagi perangkat desa, selain itu dituntut untuk mampu menyajikan data yang akurat dan up date. Kebutuhan pemenuhan data tersebut menjadi bahan evaluasi dan acuan bagi stakeholder yang akan memerlukan dalam mengeluarkan kebijakan.

Dibahas pula terkait terkait masalah kedisiplinan dan kepatuhan terhadap Kode Etik TPP-P3MD yang telah menjadi panduan dan disepakati seluruh TPP-P3MD dalam kontrak. DPMPemdes sebagai lembaga pemerintah dan mitra hubungan koordinatif, akan selalu memberi bantuan bersifat konsultatif dan solutif terkait berbagai hal terkait pelaksanaan pengelolaan pembangunan desa.

Baca Juga  Turnamen Tingkat Kampung Sari Jaya Diikuti 12 Tim Kecamatan

Terkait kekurangan tenaga pendamping pada tataran PLD maupun PD, yang sedikit banyak berpengaruh terhadap optimalisasi pendampingan terhadap pengelolaan pemerintahan desa. Hal ini masih menjadi kendala yang bersifat menyeluruh, mengingat pengadaan barang dan jasa khusus rekrutmen pendamping desa masih belum ada titik terang dari Kemendes Pusat.

Kegiatan Rapat koordinasi tersebut berlangsung dengan cukup tertib dan berhasil membahas sebagian besar agenda yang direncanakan.

Besar harapan seluruh pihak yang hadir untuk dapat tercipta tatanan hubungan koordinasi kerja yang semakin baik, teratur dan saling mendukung satu sama lain.RWK/HABIBI A.P

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *