Kampung Juku Batu Gotong Royong Akses Jalan Menuju Curup Putri Malu

  • Whatsapp

Banjit (RWK)- Warga Kampung Juku Batu Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan, melaksanakan gotong royong memperbaiki akses jalan menuju Curup Putri Malu, menggunakan swadaya masyarakat setempat.

Adapun perbaikan jalan yang bersumber dana dari swadaya masyarakat itu terletak di Dusun Rejang Kampung Juku Batu Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan.

Pasalnya perbaikan jalan tersebut merupakan inisiasi dari Persatuan Ojek Perkebunan (POP red) Kampung Juku Batu,yang dilakukan bersama masyarakat setempat.

Masyarakat setempat yang dimaksud yakni orang-orang yang memiliki perkebunan, yang secara langsung menggunakan akses jalan untuk mengeluarkan hasil usahanya.

Ketua Persatuan Ojek Perkebunan (POP red) Jumri, melalui wakilnya Damuri mengatakan bahwa Swadaya yang di ambil dari masyarakat pengguna jalan tersebut di patok 50.000 rupiah setiap individunya.

Baca Juga  Kreatifitas Ibu PKK Bratayudha Patut Diacungi Jempol

“Kita patok 50.000 rupiah setiap pemilik kebun yang menggunakan akses jalan tersebut, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga, jika mereka hanya memberi 20.000 rupiah tetap kami terima,” Ucap Damuri melalui Via Selularnya. Minggu (4/10).

Perbaikan akses jalan itu baru dimulai pada Tahun 2020 ini, terpaksa tidak maksimal pembangunannya (Ala Kadarnya red) karena terkendala oleh pembiayaan.

“Perbaikan jalan atas swadaya masyarakat itu sudah selesai dan menelan biaya berkisar 14.000.000 (Empat Belas Juta Rupiah), Mas, rencananya akan diperbaiki setiap tahunnya jika ada pembiayaan kembali, karena saat ini kita bangun ala kadarnya, sesuai dengan pembiayaan yang pas-pasan,” Ujar Damuri, Minggu (4/10).

Lebih jauh dirinya berharap, jalan tersebut kedepannya akan lebih baik lagi karena selain menuju akses wisata Curup Putri Malu juga akses para petani untuk mengeluarkan hasil buminya.

Baca Juga  Kakam Pulau Batu Bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas Himbau Warga Patuhi Prokes.

“Saya berharap pembangunan jalan ini terus berjalan dengan lancar kedepannya, dan menjadi perhatian khusus bagi masyarakat setempat ataupun dari pemerintah supaya pembangunan tetap berlanjut,” Tegas Damuri, Minggu (4/10.

Terpisah Joni Helmi selaku Kepala PJ Kampung Juku Batu membenarkan bahwa masyarakatnya memang melakukan perbaikan jalan menuju kawasan register tersebut, dan dananya berasal dari swadaya masyarakat yang mempunyai kebun disana.

” Gotong Royong tersebut sudah berlangsung sebanyak 3 kali yang dilakukan setiap minggunya,” Kata Joni Minggu (4/10)

Dirinya apresiasi terhadap upaya masyarakat tersebut serta berharap atas pembangunan itu dapat bermanfaat bagi akses perekonomian masyarakat setempat

“Ya harapannya semoga bermanfaat dan mempermudah akses perekonomian masyarakat pada umumnya
RWK1/OAF

Related posts